Perkembangan Teknologi dan Informasi dalam bidang Jurnalistik



Perkembangan Teknologi dan Informasi dalam bidang Jurnalistik

Nama        : La Ode Yusril Mahendra
Nim           : C1D318018
Jurusan    : Jurnalistik Genap

Di zaman sekarang perkembangan teknologi semakin canggih dan modern. Hal ini berbanding lurus dengan aktivitas sehari - hari yang senantiasa menggunakan peralatan serba canggih dan serba modern.  Peran teknologi ini sangat membantu dan dapat mempermudah segala urusan kita. Semua orang di abad ke 21 ini dituntut agar melek teknologi dan selalu haus akan informasi. Dahulu ketika seseorang ingin berkomunikasi, menyampaikan informasi atau pesan mereka masih menggunakan alat yang serba manual dan membutuhkan proses yang memakan waktu lama.
Di era modern ini, Dalam penyajian sebuah informasi pun tidak luput dari kemajuan teknologi. Surat kabar yang telah akrab dengan pembaca sepertinya mulai tergerus seriring perkembangan teknologi yang begitu pesat. Dengan menjamurnya media online sepertinya telah membuat inofasi baru dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalisme online. Jadi penyajian berita melalui media online adalah pesan atau informasi yang disampaikan menggunakan media internet.
Sekarang, dengan ditemukannya teknologi internet, kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis professional akan tetapi Setiap orang bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut disebut dengan citizen journalism.
Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan suatu konsep bagi anggota publik yang memainkan peran aktif dalam mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, serta menyebarluaskan berita dan informasi (Bowman dan Willis, 2003). Maksud dari anggota publik di sini adalah setiap orang tanpa memandang latar belakang pendidikan dan keahlian. Mahasiswa masuk ke dalam kriteria tersebut. Kehadiran citizen journalism mendorong setiap orang untuk berani menulis dan melaporkan informasi/berita kepada banyak orang tanpa memerlukan label atau status jurnalis profesional.

Walaupun yang berperan besar dalam citizen journalism adalah warga (bukan jurnalis profesional), prinsip-prinsip jurnalisme tetap harus dipegang ketika sedang melakukan kegiatan jurnalistik jika tidak berlandaskan prinsip prinsip jurnalism maka akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Prinsip-prinsip jurnalisme tersebut antara lain kebenaran, akurasi, objektivitas (cover both side), berimbang, verifikasi, dan lain-lain. Prinsip-prinsip tersebut harus dilaksanakan karena informasi yang disajikan adalah untuk dibaca dan diketahui oleh publik. Jangan sampai publik menerima informasi yang salah setelah membaca artikel atau tulisan produk citizen journalism.

Selain citizen journalism, seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi pada saat ini yang telah memasuki cyber world, media berita konvensional dituntut untuk melakukan integrasi dengan media berita yang baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggannya. Misalnya, media konvensional menciptakan event-nya dengan menggunakan edisi online. Salah satu contohnya pada saat ini harian Kompas sudah mempunyai edisi online, Contoh kabar berita online di sulawesi tenggara : kendari info, kendaripos, sultra kini, dan masih banyak lagi contoh-contoh media konvensional yang melakukan kegiatan seperti itu.
Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bagaimana pekembangan teknologi komunikasi sangat mempengaruhi perkembangan jurnalistik di dunia. Mulai dari media cetak, radio, dan televisi.
Dengan perkembangan teknologi ini perbedaan jurnalism profesional dan dan citizen jurnalism ini sangat susah dibedakan, jadi untuk calon jurnalis profesional harus belajar dengan giat dan haus akan ilmu pengetahuan sehingga dapat membedakan diri dengan citizen journalism dan kita dapat lebih dipercaya oleh publik dibanding citizen jurnalism dalam menyajikan sebuah informasi serta lebih unggul dalam mendapatkan pekerjaan, tapi yang menjadi poin utama adalah jaman berkembang teknologi informasi dan ilmu pengetahuan akan semakin berkembang hari demi hari tidak ada satupun yang dapat menghentikannya terasuk kita, yang hanya bisa kital akukan adalah beradaptasi.



Comments